Ketika banyak orang masih share jalan-jalan pertama di kota yang baru dikunjungi, bagaimana budaya di sana, pengalaman pertama ngobrol dengan bahasa asing, dan masih banyak lainnya, saya dan teman-teman angkatan ke 3 dari Aceh harus ngalami perlakuan buruk di negri ini.

Seminggu pertama, Ramadhan ke 5 mungkin hitungannya, kita diundang untuk buka puasa bersama di kedutaan Indonesia yang ada di Frankfurt. Baru seminggu dan udah kelewat rindu dengan suasana Indonesia. Jadilah Kita yang sedang di beberapa kota berbeda, ngumpul di Frankfurt, berasa reuni pula dengan teman-teman yang padahal baru semingguan pisah.

Seperti agenda awal, setelah makan-makan sepuasnya dengan menu khas Indonesia, lanjut dengan tarawih dll, Kita akan bermalam di Bad Vibel, daerah pinggiran Frankfurt. Ntah sial ntah juga itu memang aturannya, kita justru gak diijinkan masuk sama security ke apartment nya si teman. Setelah berdebat beberapa saat, dan si pendatang baru ketakutan karena dibentak, kita akhirnya mengalah dan nyari kereta balik ke Frankfurt. Lupa, tengah malam kereta dari daerah sini udah gak ada.

Mulai panik, mau minta jemput gak tau ke siapa juga. Terlihatlah parkiran apartments yang kayaknya cukup nyaman untuk diinapi beberapa jam sampe menjelang subuh, sampe kereta pertama beroperasi lagi.

Sialnya, si bapak security malah datangin Kita dan ngancam untuk manggil polisi. Lagi, Kita yang ketakutan jadinya mengalah dan dan terpaksa “tidur” di halte. 

Tidur di haltenya sendiri mengerikan,  apalagi ngebayangin banyaknya pemabuk yang suka nongkrong di halte-halte, duh. Nah ini penghujung musim panas, yang malamnya cukup bikin demam kalau kelamaan di luar.

Minggu pertama, saat bahasa lokal yang sudah dipelajari 10 bulan lamanya masih aja kerasa asing, berhadapan dengan orang lokal yang kayaknya anti sama orang asing, rasanya kalau bisa, pulang lah dari negera itu hahaha. Alhamdulillah, dipaksa betah sampai bberapa tahun lamanya. Yang gak mengenakkan di awal dulu, justru jadi kenangan seru

Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *